Minggu, 22 Oktober 2017

Sendang Mas, Objek Wisata Museum satu satunya di Banyumas dan sekitarnya

Museum wayang sendang mas yang berada di banyumas merupakan salah satu objek wisata yang kurang terkenal dan bahkan dilupakan oleh warga. Padahal ada tidak sedikit pelajaran yang bisa kita petik dari lakon pewayangan apalagi wayang dikenal sebagai satu karya seni asli indonesia yang telah diakui oleh dunia dan di bubuhkan sebagai adat istiadat asli Indonesia.
Siapa yang tidak akrab dengan dengan seni wayang? Rasanya semua orang Indonesia tahu tentang seni dan pertunjukkan wayang, meskipun tidak sedikit yang tak tahu alur kisah dari pagelaran wayang. Bagaimanapun wayang dikenal sebagai budaya turun temurun yang harus kita lestarikan dan keberadaan museum wayang sungguh punya peran dalam pelestarian itu.
Museum wayang sendang mas ini di bangun pada tahun 1983 atas usulan dari soeparjo rustam dan tokoh tokoh banyumas lainnya.
Seni leluhur khususnya wayang dilupakan oleh tujuan pembangunannya tidak lain adalah untuk melestarikan budaya wayang dan memperkenalkan kepada generasi penerus akan tak cuma akrab dengan dengan seni modern dan. Tempat Wisata Pilihan Museum ini menduduki bangunan kuno di salah satu kompleks bekas kabupaten banyumas dan memiliki banguna seluas 252 meter persegi.
Seperti umumnya satu museum, koleksi museum sendang mas pun berupa barang barang antik peninggalan generasi terdahulu. Adapun koleksi yang dimiliki oleh Museum sendang mas antara lain:
Wayang
•             Wayang Kidang Kencana dibuat oleh Sultan Hadi Wijawa atau Jaka Tingkir pada tahun 1556 pada masa pemerintahan Kerajaan Pajang.
•             Wayang Beber dibuat oleh Prabu Bratana Hayam Wuruk pada tahun 1361 pada masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.
•             Pandawa Bali dibuat oleh Raja Ugrasena ditemukan R. Goris di kabupaten singa Raja Bali pada tahun 1896 Masehi.
•             Wayang Kancil dibuat oleh Boleiem di Surakarta pada tahun 1925.
•             Wayang Krucil dibuat oleh Pangeran Pekik atau Adipati Surabaya pada tahun 1971 di Surabaya.
•             Wayang Krucil Golek Purwo dibuat oleh Yayasan kerajinan Rakyat pada tahun 1965 di Yogyakarta.
•             Wayang Krucil Golek Merak dibuat pada Era pemerintahan Mangkunegara pada Abad VII tahun 1916 s/d 1944.
•             Wayang Suluh dibuat oleh R.M Soetarto Hardijowahono pada tahun 1920 di Surakarta sebagai media penyuluhan Jawatan penerangan RI.
•             Wayang Suket dibuat oleh Ki Dalang Slamet Gundono pada Abad ke XV di Solo.
•             Wayang Adam Ma’rifat dari seorang Dwija Siswaya tentang ajaran Tasawuf.
Benda Pusaka
             Keris
             Tombak
Gamelan Laras Selendro koleksi tahun 1983
Benda Pra Sejarah seperti fosil dan banda purbakala lainnya yang ditemukan di Banyumas

Itulah sejumlah koleksi museum wayang sendang mas banyumas dan masih ada sejumlah lagi yang terlalu tidak pendek untuk di jelaskan. Menarik bukan isi museum ini, mari kita lestarikan adat istiadat kita dan mulai belajar dari mengenal sejarah dengan mengunjungi tempat wisata di banyumas yang sarat nilai edukasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar